Simak Tips Mengatur Keuangan

Apakah Anda pernah merasakan begitu Anda menerima gaji, namun tanpa sadar gaji Anda justru lenyap seketika hanya dalam satu minggu? Jika Anda pernah merasakannya, maka Anda perlu mengatur keuangan Anda. Anda tidak perlu mendalami ilmu ekonomi untuk dapat mengatur keuangan Anda. Berikut adalah tips mengatur keuangan.

1. Mengatur anggaran anda

Mengatur anggaran terdengar sepele dan sangat mudah bagi banyak orang. Tapi tahukah Anda bahwa mencatat pengeluaran dan pemasukan sangat jarang dilakukan oleh sebagian besar orang? Namun dari kegiatan simpel yang satu ini, Anda dapat mengetahui selisih pemasukan dan pengeluaran Anda tiap bulannya. 

Apabila Anda belum memulai kegiatan ini, maka Anda dapat memulainya. Sebagian orang akan malas karena memerlukan buku sebagai media. Namun sekarang sudah bukan zamannya buku dan kertas. Anda dapat menggunakan handphone Anda untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan Anda. Tentunya kegiatan ini akan menjadi lebih mudah dengan adanya handphone di tangan Anda. 

Apabila Anda mencatat pengeluaran dan pemasukan Anda, Anda dapat melihat biaya yang sepele seperti biaya parkir, bensin, dan lainnya. Tak menutup kemungkinan Anda dapat mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan. Anda dapat memilih alternatif menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi biaya bensin dan parkir. 

Mungkin bagi Anda biaya parkir sangat sepele. Tapi coba Anda bayangkan dan hitung, berapa kali Anda mengeluarkan biaya untuk parkir setiap hari? Lalu Anda kalikan sebulan. Tentunya akan menghasilkan nominal yang lumayan. Daripada Anda gunakan untuk biaya parkir, kenapa tidak digunakan untuk hal lain yang lebih penting? 

2. Punya tabungan

Hal sepele lainnya yang perlu Anda perhatikan. Mungkin Anda sering mendengar peribahasa rajin menabung pangkal kaya. Peribahasa ini tidaklah asing dan sudah terbukti. Tahukah Anda bahwa masih banyak milenial di luar sana yang belum memiliki tabungan? Mereka menghabiskan gaji untuk keperluan konsumtif dan habis dalam sebulan. Siklus ini terulang setiap bulannya. 

Apabila Anda termasuk salah satunya, maka Anda dapat menghentikan kebiasaan tersebut. Kini mulailah untuk menabung, baik tabungan jangka pendek maupun jangka panjang. Mengapa tabungan menjadi sangat penting? Pikirkan saja apabila Anda jatuh sakit atau Anda kehilangan pekerjaan. Lalu bagaimana cara Anda melanjutkan hidup? 

Sebenarnya ada banyak manfaat dari memiliki tabungan. Tabungan bisa menjadi dana darurat Anda apabila Anda mengalami musibah atau hal di luar perkiraan Anda. Selain itu, tabungan juga dapat Anda gunakan untuk perencanaan kedepannya. Entah untuk menikah, dana pensiun, dana masa depan, dan lainnya. Sebaiknya Anda mulai menabung sesegera mungkin. Anggaplah tabungan sebagai dana yang Anda miliki yang dapat Anda gunakan kapan saja HANYA JIKA keadaan darurat. 

3. Bebas dari hutang

Selama Anda memiliki hutang, maka Anda memiliki beban lain selain biaya hidup Anda. Tentunya hal ini berpengaruh pada pengeluaran Anda. Hutang juga dapat membuat Anda stress. Bisa juga hutang membuat Anda terus melakukan hutang dan akhirnya menjadi siklus yang tidak baik. 

Setelah berhutang, lalu Anda tidak dapat membayarnya. Kemudian Anda berhutang lagi untuk membayar hutang yang sebelumnya. Siklus ini tidak akan ada akhirnya. Sebaiknya Anda segera melunasi hutang terlebih dahulu agar tidak membebani Anda untuk kedepannya. 

Tips di atas sangat sederhana namun berguna. Anda dapat menentukan prioritas Anda sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Apabila menurut Anda lebih penting menabung, maka Anda dapat menabung terlebih dahulu. Atau Anda ingin melunasi hutang dulu. Semua itu tergantung pada Anda.